Kamis, 20 Oktober 2011

Cara Mengaktifkan Internet Connection Sharing

Jaringan nirkabel sangat membantu karena jaringan wireless inimembantu Anda menggunakan komputer dan terhubung ke Internet dimanapun, di rumah Anda atau di kantor. Namun, kebanyakan jaringannirkabel menggunakan router nirkabel, yang lumayan mahal. Jika Andamemiliki lebih dari satu komputer, Anda dapat mengkonfigurasi jaringannirkabel tanpa membeli router nirkabel dan dapatlah kita sedikitmenghemat biaya.
Dalam sebuah jaringan nirkabel tradisional, sebuah router nirkabelbertindak sebagai base station, mirip dengan stasiun pangkalan untuktelepon tanpa kabel. Semua komunikasi nirkabel melalui routernirkabel, yang memungkinkan komputer terdekat untuk terhubung keInternet atau terhubung satu sama lain. jadi dalam hal ini, sebuahkomputer dengan wireless cardnya di sulap manjadi router, istilahnyajadi pemancar seperti layaknya router biasa.

Gambaran koneksi antara komputer melalui router
Jaringan nirkabel ad hoc lebih cara kerjanya seperti walkie-talkie,karena komputer berkomunikasi langsung dengan satu sama lain. Denganmengaktifkan Internet Connection Sharing pada salah satu komputer, Andadapat berbagi akses internet.

Jaringan ad-hoc antara 2 komputer atau lebih

Jaringan ad hoc tampaknya merupakan alternatif lain tanpa menggunakan router nirkabel, tetapi memiliki beberapa kelemahan:
• Jika komputer yang terhubung ke internet ditutup,semua komputer yang merupakan bagian dari jaringan ad hoc kehilanganakses Internet mereka.
• Untuk menghubungkan ke Internet, komputer harus memiliki sambungan jaringan kabel.
Untuk menghubungkan komputer Anda ke Internet menggunakan jaringan ad hoc nirkabel, ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Aktifkan Internet Connection Sharing pada komputer yang tersambungke Internet. Anda dapat melewatkan langkah ini jika Anda tidak perlumengakses Web.
  2. Set up ad hoc jaringan nirkabel pada komputer yang tersambung ke Internet.
  3. Tambahkan komputer Anda yang lain ke jaringan nirkabel.

Cara mengaktifkan Internet Connection Sharing

Pada jaringan dengan router nirkabel, router memiliki tugas pentingdalam komunikasi antara komputer pada jaringan rumah Anda ke Internet.Pada jaringan ad hoc, Anda harus menetapkan salah satu komputer untukmenggantikan tugas ini. Komputer yang Anda pilih harus memilikikoneksi ke Internet, dan harus ditinggalkan di setiap kali Anda inginmenggunakan komputer Anda yang lain. Akan tetapi jika inginmenghubungkan antara 2 laptop yang memiliki koneksi wireless ataunirkabel, koneksi ke internet yah ngga perlu.
Cara mengatur komputer pertama
Untuk mengatur jaringan nirkabel ad hoc yang memungkinkan komputer untuk berbagi koneksi internet tanpa router
  1. Jika diperlukan, pasanglah adapter jaringan nirkabel disetiap komputer.
  2. Klik Start, dan kemudian klik Control Panel.
Cara masuk ke kontrol panel windows xp

3. Di bawah Pilih kategori, klik Sambungan Jaringan dan Internet.


4. Dibawah ikon kontrol panel, klik Network Connections.


5. Klik kanan koneksi jaringan nirkabel Anda, kemudian klik Properties.


6. Dalam Jaringan Koneksi Nirkabel kotak dialog Properties, klik tab Wireless Networks.


7. Pada tab Jaringan Nirkabel, di bawah jaringan yang dipilih, klik Tambah.


8. Dalam kotak dialog “Wireless network properties” pada tab“Association” masukin nama jaringan ad hoc anda yg disuka dalam kotak“Network name (SSID)” seperti dalam langkah no.10, kali ini kitanamakan saja MyHomeNetwork.

9. Perhatikan jangan conteng kotak dialog “The key is provided forme automatically” dan conteng kotak dialog “This is acomputer-to-computer (ad hoc) network”.

10. Buat password 13 digit dan ketikan di kedua kotak “Network key”dan “Confirm Network Key”. Untuk keamanan terbaik, masukin kombinasitermasuk huruf, angka, dan tanda baca. Lalu klik OK.


11. Klik OK lagi untuk menyimpan perubahan Anda.

Cara mengatur komputer tambahan / client

Jika komputer yang akan digunakan untuk koneksi ke komputer tadibelum ada adapter wireless atau nirkabel, pasanglah adapter agar bisamenggunakan jaringan wireless atau nirkabel. Windows akan otomatismendeteksi jaringan yang telah kita buat tadi.


Sekarang caranya menghubungkan komputer Anda ke jaringan nirkabel Anda
Catatan: Langkah-langkah ini berlaku hanya jikaAnda menggunakan Windows XP Service Pack 2 (SP2). Jika Anda belummenginstall SP2, kunjungi Microsoft Update untuk menginstalnya sebelum terhubung ke jaringan ad hoc.
1. Klik kanan ikon “Wireless Network” di sudut layar kanan monitor anda, lalu klik “View Available Wireless Networks.”


2. Muncul jendela “Wireless Network Connection” dan menampilkanjaringan nirkabel anda yang terdaftar dengan SSID yang anda pilih tadi,Jika anda tidak dapat melihat SSID anda, klik “Refresh Network List”disudut kiri atas. Klik jaringan anda, lalu klik “Connect” disudutkanan bawah.


3. Windows xp akan meminta anda memasukkan kata kunci, masukkan katakunci ke kotak “Network key” dan “Confirm network key”, laku klik“Connect”.


Windows xp akan melakukan koneksi ke komputer yang telah kitasetting jadi server tadi, setelah terhubung dapatlah anda menutupjendela “Wireless Network Connection “. Untuk melakukan koneksi dengankomputer yang lainnya, ikuti langkah2 tadi diatas. Langkah2 ini jugabisa diterapkan untuk melakukan koneksi antara dua laptop yang ada wifiatau wireless network tanpa memakai router. dan berbagi file atau apasaja.

Perangkat yang dibutuhkan :

  1. Router/Switch Wireless. Beberapa merek yang sering digunakan adalah Syslink, TP-Link dan D-Link. Kecepatan transmisi data wireless yang didukung rata-rata 54Mbps. Untuk pemakaian SOHO (Small Office Home Office) kisaran harga dibawah 400rb-an. Untuk kantor yang kecil atau pemakaian rumah, anda hanya perlu 1 perangkat ini saja.
  2. Wireless Adapter. Alat ini digunakan hanya pada PC atau laptop yangbelum mendukung akses WiFi. Untuk kemudahaan instalasi gunakan yangbertipe konektor USB, sedangkan untuk ketahanan gunakan yang bertipekonektor PCI. Kisaran harga dibawah Rp. 150rb-an. Cari minimal yangsudah mendukung 802.11 g dan sebaiknya jika membeli lebih dari 1wireless adapter, usahakan memiliki tipe yang sama.
    Wireless Adapter PCI
    Wireless Adapter USB
  3. Kabel UTP + Konektor RJ-45 (biasanya sebagai bonus pada pembelian Router Wireless) 
  4. Jika anda ingin membangun hotspot (WiFi dengan koneksi internet) anda perlu membeli modem ADSL router. Modem ini nantinya dihubungkan ke Router Wireless.

Langkah Instalasi


1. Setup Router Wireless

Model Router Wireless bisa bermacam-macam, namun akan memiliki ciri khas memiliki port untuk koneksi ke modem ADSL, port RJ-45 dan port Power. Yang anda lakukan selanjutnya adalah :
  1. Hubungkan kabel UTP ke salah satu port jaringan wired yangditandai oleh angka 1 - 4, tidak masalah dihubungkan ke port nomorberapapun, dengan komputer/laptop anda untuk operasi SETUP
  2. Hubungkan port Power ke sumber listrik (PLN)
  3. Tunggu beberapa saat hingga router dikenali oleh komputer/laptop
  4. Buka browser internet (Firefox atau Internet Explorer)
  5. Ketikkan alamat IP router wireless tersebut. Untuk router merek linksys adalah http://192.168.1.1 atau baca petunjuk
  6. Ketikkan username dan password untuk login ke menu setup router wireless. Untuk merek linksys ketikkan 'admin' tanpa tanda kutip di kolom username dan password atau baca petunjuk
  7. Jika username dan password benar maka anda akan melihat aplikasi untuk keperluan setting router wireless
  8. Beri nama jaringan wireless (SSID). Berikan nama yang unik untuk membedakan dengan jaringan wireless terdekat (jika ada)
  9. Atur visibility supaya jaringan wireless 'terlihat' (visible). Anda tidak perlu khawatir dengan masalah keamanan, sebentar lagi kita kasi password kok ;)
  10. Atur mode untuk tipe jaringan 802.11 menjadi 'g' saja jika semua tipe wireless adapter anda adalah 'g'
  11. Untuk kepentingan security, pilih dari salah satu tipe enkripsi :WEP, WPA, WPA2. Yang paling aman adalah WPA2. Jika memilih WPA2 andaharus menentukan 'Pre-Shared Key' yang akan berlaku seperti password.Tentukan pre-shared key antara 8-63 karakter. Catat, ingat dan simpanbaik-baik pre-shared key ini. Nantinya siapapun yang ingin terhubung kejaringanwireless yang anda buat, harus mengetikkan pre-shared key yang anda buat sekarang ini.
  12. Simpan setting dengan menekan tombol save, browser anda akan refresh untuk menerapkan setting yang baru dibuat.
  13. Selesai. Cabut kabel UTP dari port RJ-45 di router wireless
Untuk hasil maksimal, tempatkan router wireless ditempat yang tinggi, di tengah ruangan. Sehingga dapat menjangkau setiap komputer/laptop client .

2. Setting Client
  1. Install driver wireless adapter dari CD dalam kotak pembungkus ke tiap komputer yang akan dipasangi wireless adapter.
  2. Koneksikan wireless adapter ke port yang sesuai di komputer/laptop. Jika anda membeli wirelessadapter dengan tipe PCI maka anda harus membuka casing PC danmemasangkannya di port PCI yang tersedia. Akan lebih mudah halnya jikaanda menggunakanwireless adapter dengan port USB. Jangan lupa matikan PC dan cabut kabel power dari stop kontak sebelum anda membuka casing PC.
  3. Pastikan bahwa wireless adapter dikenali dengan baik oleh komputer/laptop.
  4. Jika wireless adapter terinstal dengan benar, maka di systray akan muncul notifikasi bahwa jaringan wireless terdeteksi

    Jaringan wireless terdeteksi di Windows 7


    Jaringan wireless terdeteksi di Windows XP
  5. Kini anda telah dapat terhubung ke jaringan wireless yang telah anda buat, jangan lupa masukkan pre-shared key jika diminta oleh jaringan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Apabila ada yang tidak mengerti akan isi dari postingan ini, anda bisa bertanya lewat kotak komentar dibawah !!!

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner